5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Kelas Pilates

Pertama kali di kelas Pilates ? ummm sepertinya menakutkan ya, banyak yang bilang Pilates itu mengutamakan otot perut, otot inti, aduh apalah itu, pilates itu seperti yoga, pilates itu untuk cewe cewe, atau pilates itu untuk manula. Ya, Pilates bisa dalam berbagai macam packing yang cantik dan menarik.

Pastikan Anda mengetahui beberapa hal tentang Pilates sebelum Anda perdana, apakah itu sesi kelas privat atau sesi kelas grup, apakah itu pilates mat atau pilates dengan alat, apakah itu straps, atau springs, apakah itu The Hundred atau Tendon Stretch, ouch …. Namanya aja udah bikin dahi mengernyit.

  1. Okei, ringkaskan ada 5 hal yang perlu diketahui atau ditanyakan kepada studio Pilates tempat Anda akan berlatih Pada umumnya ada Kelas Matras (Mat Class) ada juga kelas Alat (Equipment Class). Joseph Pilates, sang pencipta Contrology yang kemudian dikenal Pilates, mendesain gerakan gerakan yang dinamis di matras yang aslinya ada 34 gerakan dan ratusan gerakan lainnya di alat alat yang di desain khusus pada masa itu. Ada reformer, ada Cadillac yang pada saat itu bernama bednasium, wunda chair, spine corrector, ped o pull, arm chair, belum termasuk peralatan kecil kecil (prop) yang jika ditambahkan pada menu latihan akan membuat Anda lebih mengerti gerakan gerakan pilates. Juga kelas kelas tersebut bisa dalam bentuk kelas privat (satu intruktur dengan satu orang client saja) atau non privat (bisa satu instruktur dengan dua clients, atau satu instruktur dengan 3 clients, atau kelas grup yaitu satu orang instruktur dengan banyak clients.). Tergantung dengan kebutuhan Anda.
  2. Pilates mengerjakan tidak hanya otot perut …oh ya ? Ya betul ! dikelas pilates Anda akan diajarkan bagaimana mengaktifkan otot perut, punggung, diafragma dan otot otot panggul yang penting untuk menopang kerja otot lainnya. Inilah tantangannya, karena otot otot tersebut harus ‘on’ dalam setiap gerakan di kelas pilates. Dan psssttt ….. ngga mudah ya ternyata. Dan perlu konsentrasi untuk mengerjakan kesemuanya, itulah sebabnya jarang sekali kelas pilates menggunakan music. Oh tunggu ! No music ? apa tidak bosan ya ? Nah sekarang giliran Anda yang berikan komentar.
  3. Karena beberapa gerakan pilates itu mengharuskan Anda pada posisi tiduran diatas matras atau alat pilates, dan mungkin kaki itu harus di naikkan keatas, dan pastinya instruktur pilates Anda akan membantu memposisikan tubuh Anda, … ya outfit yang terbaik adalah yang pas dengan badan. Celana legging yang pas,  baju atasan yang pas juga, yang memudahkan instruktur Anda melihat gerakan tubuh atau detail otot yang dikerjakan, atau memudahkan instruktur Anda membantu menyesuaikan posisi tubuh. Sudah terbayang jenis baju nya ? Oh ya, beberapa studio mewajibkan Anda menggunakan kaos kaki untuk alas an kebersihan, better check it first yah !
  4. Scoop ! Belly in! Reach ! Lengthen ! Aduuh apaan itu ??? ya itu sebagia kecil kosa kata yang akan Anda dengar dikelas pilates, apakah kelas privat atau kelas grup. Pastikan Anda mendapat penjelasan dari setiap term tersebut dari instruktur Anda, untuk meminimalisir interupsi. Dan ini juga, jika Anda konsisten dalam mengikuti sesi latihan, maka kosa kata tersebut menjadi ‘magic word’ dalam setiap latihan. (nantikan artikel selanjutnya tentang Bahasa Pilates J)
  5. Pilates boleh dilakukan siapa saja, asal …. Ini dia, pada dasarnya semua gerakan pilates itu boleh dilakukan oleh siapa saja, tentu saja dengan persiapan gerakan dan pemanasan yang cukup, dan ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang diri Anda dan gerakan gerakan dalam Pilates. Jadi sebaiknya Anda menginformasikan kepada instruktur Anda kondisi fisik Anda. Dan carilah kredibilitas instruktur sebelum berlatih, karena beberapa sekolah pilates yang terpandang memiliki kualifikasi tertentu untuk menjadi pilates instruktur.

Dan yang paling penting, jadikan pilates itu bagian dari menu kesehatan Anda, karena dalam gerakan gerakan pilates itu ada stretching, ada strengthening, ada penyesuaian dalam gerakan gerakan tubuh, ataupun posisi tubuh, sehingga memperbaiki tubuh secara keseluruhan. Tetaplah melakukan Zumba, tetaplah Golf, tetaplah angkat beban, parkour tapi masukan pilates dalam menu latihan dan rasakan bedanya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *