5 Gerakan Sederhana Untuk Mengencangkan Otot Lengan

Seringkali saya ditanyakan jenis gerakan untuk mengencangkan otot lengan, terutama lengan bagian atas oleh client wanita, ‘that batwings tho’

Sebenarnya hanya perlu gerakan simple ini, bisa dilakukan dimana saja, dengan beban yang cukup 1kg tiap tangan, tidak perlu berlebihan, dan lakukan dengan 10 repetisi, kuncinya sih asal rutin dikerjakan saja.

Tips kilat :

  1. Perhatikan bahu dan telinga, jaga jaraknya jangan sampai mendekat. Hal ini karena satu otot penting di dekat lengan akan bekerja dengan optimum, Latissimus Dorsi.
  2. Pada saat meluruskan tangan, perhatikan posisi sikut tidak terkunci, tapi lebih menitikberatkan penggunaan triceps dan biceps pada saat yang bersamaan.
  3. Tangan diatas kepala, ok, perhatikan batang tubuh juga, jangan melenting ya, titik beratkan pada otot perut, karena tumpuan kita bukan di pinggang.
  4. Tetap bernafas dengan alami pada tiap gerakannya
  5. Weightballs bisa diganti dengan dumbbell, botol air mineral, atau apapun yang membantu Anda bergerak
  6. Bisa dilakukan satu tangan dahulu jika dirasa berat, satuhal penting dalam gerakan ini adalah dilakukan perlahan, mempertahankan kontraksi kerja otot secara terus menerus. Bahasa gampangnya, gerakan tidak dilempar lempar.

Mari kita mulai, semua gerakan bisa dilakukan dengan berdiri, atau duduk diatas bangku, diatas swissball/fitball, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

1. Cactus Arms

 

 

 

 

 

Ouch : bahu naik mendekat ke arah telinga

2. Open Side

 

 

 

 

Ouch : sikut terkunci

3. Hug a Tree

 

 

 

 

 

Ouch : sikut terkunci dan badan mengayun.

4. Over The Head

 

 

 

 

 

Overhead Circle, jangan lupa reverse nya, atau putar arah kebalikannya

Ouch : sikut terkunci, badan melenting

5. Triceps Kick

 

 

 

 

 

Ouch : Posisi sikut tidak stabil, alias naik turun.

Silahkan Mencoba

Note :

semua gerakan tersebut terinspirasi dari gerakan dan prinsip gerak Pilates, dilakukan berdasarkan pengalaman dari penulis, tiap orang bisa mendapatkan hasil yang berbeda beda.

Mohon konsultasikan pada dokter, terapis jika anda memilki kondisi khusus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *